budaya kedisiplinan di negara indonesia

        Dengan kekayaan alam yang melimpah dan didukung dengan sumber daya manusia terbesar keempat dunia selayaknya Bangsa Indonesia sudah lebih maju dengan Bangsa-Bangsa lain khususnya di asia tenggara. Berdasarkan pengalaman pada negara-negara yang telah maju secara ekonomi maupun teknologinya seperti Jepang, Korea Selatan, Cina, Singapura, Amerika, dan beberapa Negara Eropa, bangsa tersebut bisa maju karena pemerintahnya dan warga negaranya memiliki disiplin yang tinggi.

Berapa banyak para pemakai kendaran yang mengabaikan rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Dengan mudahnya seseorang membuang sampah di sembarang tempat tanpa berpikir dampak negatifnya. Dengan seenaknya pemerintah daerah yang mengulur-ulur waktu untuk merealisasikan anggaran belanja untuk pembangunan padahal pembangunan tersebut sangat di butuhkan oleh masyarakat. Perusahaan pengembangan perumahan yang tidak memperhatikan tata ruang kota sehingga banjir terjadi dimana-mana. Perusahaan industri yang membuang limbah semaunya langsung ke laut atau ke sungai tanpa terlebih dahulu melalui penjernihan terlebih dahulu. Terjadinya korupsi dimana-mana, semua itu disebabkan rendahnya disiplin Bangsa Indonesia.

Budaya disiplin diterapkan sejak dini di mulai dari lingkungan keluarga dan semua lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial tidak hanya sebatas slogan. Pihak eksekutif dan legislatif dari pusat sampai ke daerah harus mengambil peran untuk melakukan penerapan budaya disiplin, rakyat Indonesia akan senang hati mengikuti budaya disiplin yang telah dicontohkan oleh pemimpin mereka.

Disiplin bukanlah pengekangan kebebasan tetapi merupakan pedoman untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sangat mustahil suatu rencana akan tercapai manakala pihak-pihak yang terlibat mengabaikan disiplin. Masalah disiplin merupakan masalah nasional yang harus segera diselesaikan, kita tidak ingin dicap sebagai Bangsa yangtidak disiplin. Disiplin selalu berkorelasi dengan kinerja seseorang atau lembaga, dapat dipastikan seseorang atau lembaga yang menegakkan disiplin akan memiliki kinerja yang baik. Jarang kita jumpai seseorang atau lembaga yang tidak menegakkan disiplin memiliki kinerja yang baik.

Kata disiplin sangat sederhana dan mudah diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan , hal tersebut terjadi karena disiplin belum menjadi budaya Bangsa Indonesia. Mereka baru bersikap disiplin setelah ada unsur paksaan dan belum menjadi sikap hidupsehari-hari. Dapat kita lihat sendiri sehari-hari penolakan terhadap penerapan disiplin termasuk para anggota DPR. Mengapa mereka menolak penegakan disiplin? , karena mereka masih punya anggapan bahwa penerapan disiplin hanya untuk pihak lain bukan untuk dirinya. Bangsa yang maju adalah Bangsa yang bisa menegakkan disiplin.

Menumbuhkan budaya disiplin memang tidak semudah membalikkan telapak tangan kita. Semua itu tentu butuh proses dan strategi khusus. Awalnya mungkin akan terasa berat bagi sebagian masyarakat. Sehingga perlu terus ditumbuhkan kesadaran dan komitmen bersama seluruh komponen bangsa ini. Masyarakat harus menyadari bahwa melalui budaya disiplin bangsa ini bisa menjadi bangsa yang tangguh dan mandiri. Melalui budaya disiplin akan menghantarkan Indonesia tumbuh pesat menjadi negara maju yang berkarakter.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: