kurangnya kepedulian masyarakat atas kebudayaan indonesia

Sebuah Negara yang cakupan wilayahnya  cukup  luas,  terdiri dari banyak kepulauan yang tersebar dari sabang sampai merauke yang terpisahakan oleh bentangan laut yaitu Negara Indonesia . Dan itulah menyebabkan Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, dan etnis yang diwariskan masyarakatnya turun temurun didaerah/kepulauan yang mereka tinggali. Disetiap budaya tersebut terdapat nilai-nilai sosial dan seni, namun pada saat ini kebudayaan mulai ditinggalkan dan dilupakan bahkan sebagian masyarakat menganggap kebudayaan atau kesenian asli Indonesia sebagai hal yang kuno.

Hal tersebut salah satunya akibat dari banyaknya kebudayaan asing terutama kebudayaan dari negara-negara barat yang masuk ke Indonesia. Didalam kehidupan masyarakat termasuk generasi muda yang ada didalamnya memegang peranan yang sangat penting dalam melestarikan kebudayaan yang dimilki oleh bangsa Indonesia. Dalam menjaga kelestarian budaya banyak cara yang dapat kita lakukan sesuai kemampuan dan batasan-batasan yang ada. Jangan sampai jika budaya kita diambil bangsa lain baru kita menyadari bagusnya kandungan nilai yang terdapat pada budaya tersebut. Salah satu contohnya pada kesenian reog ponorogo yang diklaim Malaysia sebagai warisan budayanya itu akibat kekurang pedulian kita terhadap suatu budaya kita sendiri.

Majunya perkembangan teknologi saat ini memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari namun kita juga tidak bisa membantah bahwa akibat dari kemajuan tersebut telah merusak moral, akhlak, dan kesantunaan dalam pergaulan remaja yang dulunya penuh budaya tatakramah kini hilang seiring kemajuan teknologi dan maraknya budaya asing yang bersifat negatif yang sering masuk ke Indonesia.

Kebiasaan-kebiasaan masyarakat barat yang telah membudaya tersebut dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari misalnya melalui media cetak, dan media elektronik yang celakanya kebudayaan masyarakat barat tersebut bersifat negative dan cenderung merusak pikiran serta merusak akhlak terutama pada diri remaja. Yang ternyata banyak ditonton dan ditiru oleh sebagian masyarakat kita yang menginginkan kebebasan dalam pergaulan seperti orang barat. Selain dalam pergaulan kebudayaan barat juga masuk dalam unsur berpakaian, musik, perkataan, dan lain-lain.

Oleh karena, itu saya menyarankan agar kita tetap terus melestarikan nilai kebudayaan dan kesenian yang dimiliki oleh bangsa Indonesia agar generasi-generasi penerus dapat mengetahui kebudayaan asli bangsanya, serta agar kebudayaan negara kita sendiri tidak lagi diakui oleh bangsa lain sebagai miliknya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: