ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE DI SOLO GRAND MALL

Rustika Atmawati dan M. Wahyuddin

Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Jalan A. Yani, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 67102

ABSTRACT

This research aims to analyze evidence physical factor (tangibles), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance), and empathy (empathy) how far have association to with satisfaction of consumer at Matahari Department Store in Solo Grand Mall, and to know most dominant factor in influencing satisfaction of consumer at Matahari Department Store in Solo Grand Mall. Data and source data use primary data stemming from responder through questioner answer. Technique data collecting at this research is questioner, that is through spreading of equate to Matahari Deptartmen Store consumer in Solo Grand Mall. Population in research amount to 1.000 consumer. Taken Sample equal to 100 people Technique Intake of simple conducted with sampling random. Used by method at this research is binary logistics regression (regression logistic binary). Test accuracy model regression used to assess accuracy model regression in this research is measured with Chi-Square value with Test Hosmer and Lemeshow. Pursuant to result of logistic binary regression analysis obtained that independent variable consisting of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy have an effect on positive and significant to satisfaction of consumer. From result of B expects test or exp(B) known that given by contribution is empathy variable to satisfaction of consumer which is biggest to be compared to physical evidence variable, reliability, responsiveness, and assurance.

Keywords: quality of service, satisfaction of consumer, empathy.

  1. PENDAHULUAN alasan utama yang menjadikan Solo

Solo Grand Mall merupakan salah   Grand Mall sebagai tujuan belanja

satu pusat perbelanjaan di Surakarta   masyarakat di Surakarta dan sekitarnya.

dengan jumlah gerai sebanyak 300 buah.   Matahari Department Store merupakan

Letak yang strategis dan kelengkapan   gerai terluas di Solo Grand Mall dengan

produk yang dijual merupakan 2 (dua)   aneka produk penjualannya.
Dalam era perdagangan bebas se-tiap perusahaan menghadapi per-saingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dila-kukan oleh pesaing. Dengan demi-kian, hanya perusahaan yang ber-kualitas yang dapat bersaing dan menguasai pasar.

Kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di mana perusa-haan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelang-gan yang kurang menyenangkan (Tjiptono, 1996).

Menurut Schnaars (dalam Tjiptono, 1997) tujuan suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas. Kualitas jasa yang unggul dan kon-sisten dapat menumbuhkan kepuasan pelanggan dan akan memberikan ber-bagai manfaat (Tjiptono, 1996:78) seperti:

  1. Hubungan perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis;
  1. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang;
  1. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan;
  1. Membentuk rekomendasi dari mulut ke mulut (word-of-mouth) yang menguntungkan bagi per-usahaan;
  1. Reputasi perusahaan menjadi baik di mata pelanggan; dan
  1. Laba yang diperoleh dapat meningkat.

Kepuasan pelanggan merupakan respons pelanggan terhadap ketidak-sesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian (Rangkuti, 2002). Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu: bukti fisik (tangibles), keandalan

(reliability), daya tanggap (respon-siveness), jaminan (assurance) , empati (empathy).

Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor bukti fisik (tangi-bles), keandalan (reliability), daya tang-gap (responsiveness), jaminan (assu-rance), dan empati (empathy) sejauh-mana berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Matahari Department Store di Solo Grand Mall, dan untuk menge-tahui faktor yang paling dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Matahari Department Store di Solo Grand Mall

  1. METODE PENELITIAN
  1. Kerangka Penelitian
  1. Data dan Sumber Data

Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari respon-den yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Matahari Departmen Store di Solo Grand Mall pada bulan April sampai Juni 2004.

  1. Populasi dan Sampel

Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Matahari Depar-tment Store di Solo Grand Mall Sura-karta yang memiliki kartu members, yaitu berjumlah 1.000 konsumen. Mengingat besarnya jumlah populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Sampling aksidental ada-lah teknik penentuan sampel berdasar-kan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan pe-neliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (Sugiono, 1999:60).

  1. Definisi Operasional dan Pengu-kuran Variabel
  1. Bukti fisik merupakan fasilitas fisik dan perlengkapannya termasuk pegawai; diukur dengan kondisi dan lokasi gedung, interior, dan penampilan pegawai.
  1. Keandalan merupakan kemampu-an memberikan pelayanan dengan segera, akurat dan memuaskan; diukur dengan pelayanan tepat waktu, kemudahan proses pemba-yaran, ketepatan pelaksanaan pro-gram promosi.
  1. Daya tanggap merupakan keingin-an staf membantu konsumen dan memberikan pelayanan dengan tanggap; diukur dengan ketepatan menyelesaikan keluhan, selalu siap membantu konsumen, dan kecepatan dan ketanggapan dalam pelayanan.
  1. Jaminan merupakan pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat yang dapat dipercaya yang dimiliki pegawai; diukur dengan ketrampil-an pegawai, pelayanan yang ramah dan sopan, kualitas produk sesuai promosi, dan pengetahuan pegawai.
  1. Empati merupakan perhatian pribadi, memahami kebutuhan pelanggan; diukur dengan perhati-an pegawai dengan sungguh-sung-guh dan tidak membedakan status sosial dalam pelayanan.
  1. Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang diguna-kan dalam penelitian ini adalah regresi logistik binari (binary logistic regres-sion) dilakukan dengan menggunakan persamaan berikut ini.

Dkepuasan = β0 + 1X1 + 2X2 +3X3
+ 4X4 + 5X5 +
(5,462)
(7,594)
  1. PENUTUP

Berdasarkan hasil analisis regre-si binary logistic diperoleh bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepu-asan konsumen. Hasil uji koefisien regesi diperoleh bahwa semua variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jamin-an, dan empati signifikan terhadap ke-puasan konsumen. Dari hasil uji eks-pektasi B atau Exp (B) diketahui bah-wa kontribusi yang diberikan variabel empati terhadap kepuasan konsumen yang paling besar dibandingkan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, dan jaminan. Hal ini ditun-jukkan dari besarnya nilai Exp (B) = 2,489 yang paling besar dari nilai Exp

(B) variabel yang lain. Hal ini juga dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien beta variabel empati paling besar yaitu 0, 912.

Penelitian ini mempunyai bebe-rapa keterbatasan yaitu dalam pemi-lihan variabel yang seperti disebutkan dalam penelitian ini, hal tersebut disebabkan masih terbatasnya peneli-tian yang menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuas-an konsumen. Kepuasan konsumen yang diteliti dalam penelitian ini ter-batas hanya pada satu tempat, sehing-ga peneliti tidak melakukan uji per-bandingan kepuasan konsumen lebih dari satu tempat penelitian.

Untuk meningkatkan kepuasan konsumen Matahari Departemen Store di Solo Grand Mall perlu adanya tindakan antara lain:

  1. Saran untuk perusahaan
  1. Dikarenakan empati adalah faktor yang paling dominan dalam mem-pengaruhi tingkat kepuasan konsu-men, maka disarankan kepada se-luruh pegawai Matahari Depart-men Store di Solo Grand Mall untuk lebih memperhatikan pendekatan individu dengan konsumen, sehing-ga dapat terjadi hubungan emosio-nal yang baik dengan konsumen. Rasa tanggap terhadap kebutuhan konsumen harus dimiliki oleh setiap pegawai sehingga konsumen tidak perlu repot-repot menanya-kan barang yang diinginkan, tetapi karyawan telah menyediakan sebe-lum konsumen menanyakannya. Pelayanan konsumen lebih diting-katkan dengan tidak membedakan status sosial.
  1. Meningkatkan kondisi gedung Matahari Departemen Store yang bersih, nyaman dengan interior yang menarik, melengkapi fasilitas pendukung (kamar pas, kasir, parkir, escalator, keamanan, AC), menjaga penampilan dan ketram-pilan pegawai.
  1. Meningkatkan pelayanan yang tepat waktu, kemudahan pemba-yaran di kasir yang dapat dilakukan secara cash atau menggunakan kartu kredit dan kartu ATM, program promosi (diskon, program pada event-event tertentu) dilaksa-nakan sesuai program yang diada-kan, fasilitas kartu member/anggota (MCC) dapat digunakan sesuai de-ngan fungsinya (mendapatkan poin

59

untuk kemudian dapat ditukar de-ngan voucer belanja).

  1. Meningkatkan kecepatan pegawai dalam menanggapi permintaan konsumen, selalu bersedia mem-bantu kesulitan konsumen, menye-lesaikan keluhan konsumen dengan tepat, memberikan informasi de-ngan jelas sesuai dengan kebu-tuhan konsumen.
  1. Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menangani keluhan konsumen, memberikan pelayanan dengan ramah dan sopan, kualitas produk yang dijual sesuai dengan yang dipromosikan, harga yang terpasang pada produk sesuai dengan harga yang dibayarkan.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chandra, Gregorius. 2001. Strategi dan Program Pemasaran. Yogjakata: Penerbit Andi.

Cooper, Donald R dan C William Emort. 1999. Metode Penelitian Bisnis (Jilid 1 Edisi Kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guntur SW. 2006. “Analisis Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi PDAM Kota Surakarta)” (Tesis). Surakarta: Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Henri. 2003. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta” (Tesis). Yogjakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Indonesia.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1996. Dasar-dasar Pemasaran (Jilid 2). Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia (Alih Bahasa A.B. Susanto). Jakarta: PT Salemba Empat.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran (Edisi Milennium). Jakarta: PT Prenhallindo.

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi I). Yogjakarta: AMP YKPN.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Rustika Atmawati dan M. Wahyuddin
Konsumen pada Matahari Department … (54-61)

Rangkuti, Freddy. 2003. Business Plan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction (Cetakan Ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Retno. 2005. “Analisis Tingkat Layanan Pelanggan pada Bank (Studi Kasus di PT Bank BRI dan PT Bank BPD Jateng Cabang Karanganyar)” (Tesis). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahayu. 2005. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan PT Lion Air” (Tesis). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 1999. Statiktik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Suradi. 2004. “Pengembangan Perbankan” dalam Majalah Perbankan Edisi No. 106 Juli-September.

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogjakarta: Penerbit Andi.

Wahyuddin. 2004. Industri dan Orientasi Ekspor Dinamika dan Analisis Spasial.

Surakarta: Muhammadiyah University Press.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: